Pages

Kamis, 24 Februari 2011

BIMBINGAN KONSELING UM


                                                                                               
PRODI BIMBINGAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Sejarah
Berdiri sejak tahun 1964 dengan menggunakan nama jurusan Bimbingan dan penyuluhan (BP)
·      1972 berganti nama menjadi Departemen Bimbingan dan Konseling Sekolah (BKS)
·      1980 diganti menjadi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
·      2000 berubah menjadi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi (BKP)

Visi
Menghasilkan lulusan yang memiliki mind competences dan motif altruistik yang kuat dan menjadi prodi sebagai rujukan dalam bidang pengembangan dan penerapan ilmu, teknologi, dan seni di bidang bimbingan konseling.

Misi
1.    Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dan menjadi rujukan dalam pembelajaran di bidang bimbingan  dan konseling
2.    Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan keilmuan, teknologi, dan seni yang mumpuni dan menjadi rujukan dalam pengembangan keilmuan di bidang bimbingan dan  konseling.
3.    Menerapkan ilmu, teknologi, dan snei dalam bidang bimbingan dan konseling untuk pemberdayaan sumberdaya manusia bagi kesejahteraan hidup masyarakat, khususnya mmasyarakat

Tujuan
1.    Menghasilkan lulusan yang mumpuni dan mampu menyelenggarakan bimbingan dan konsleing yang memandirikan serta menjadikan program studi sebgai rujukan dalam pengembangan dan penerapan keilmuan, teknologi, dan seni dalam bidang bimbingan dan konseling.

2.    Menghasilkan karya-karya akademik yang mampu menyediakan fasilitas bagi penyelenggaraan bimbingan dan konseling di lembaga pendidikan formal dan non-formal.
3.    Memberikan layanan terapan bimbingan dan konseling bagi pengembangan sumberdaya manusia.

Elijibilit
Jurusan BKP di FIP UM resmi dan sah berdasarkan Surat Keputusan Ditrjen Dikti No. 143/DIKTI/Kep/2000 tgl. 12 Mei 2000 tentang Jenis dan Jumlah Jurusan pada fakultas-fakultas di lingkungan Universitas Negeri malang.
Prodi S1 BK berstatus terakreditasi A berdasarkan Keputusan badan Akreditasi Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesi No. 011/BAN-Pt/Ak-XII/S1/V/2009 tgl. 29 Mei 2009.

Lokasi Gedung
Ruang perkuliahan jurusan BKP tersentral di gedung C1
Jl. Terusan Surabaya

Sarana Akademik
Ruang kelas dilengkapi LCD, laboratorium Konseling, ruang jurnal, perpustakaan jurusan (E2 lantai 2), area hotspot,mushola, kamar mandi.





Sumber: Katalog fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Malang
Jurusan Bimbingan Konseling dan psikologi

0 komentar:

Posting Komentar