Pages

Kamis, 24 Februari 2011

Mengapa Bimbingan dan Konseling itu penting???

Itulah pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang telah menentukan pilihan pada Bimbingan dan Konseling. hal ini wajar terjadi, karena masih banyak pihak yang menganggap kalau bimbingan konseling itu tidak terlalu memberikan andil, peran beesar pada keberhasilan seorang anak didik dalam menggapai tingkat akademik yang baik. Anggapan-anggapan seperti itu bukan hanya datang dari masyarakat umuum, melainkan dari warga sekilah sepertio kepala sekolah, guru, dan bahkan siswanya sendiri, bahkan orangtua wali murid bahkan tak banyak memberikan respon akan hadirnya bimbingan dan konseling di sekolah, bahkan juga menganggap jika bimbingan dan konseling tak telalu memberikan andil, peran pada keberhasilan anak-anak mereka.

Tapi,,,,begitulah persepsi orang yang belum paham benar akan pentingnya bimbingan dan konseling dalam proses pendidikan. sebenarnya bimbingan konseling itu sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan itu sendiri. Ibaratkan tubuh kita, bimbingan dan konseling tiu bagaikan kaki kita, yang selalu mendukung setiap gerkan aktivitas yang kita lakukan. Begitu pula dengan bimbingan dan konseling dalam proses pendidikan pada umunya akan memberikan dukungan agar tujuan pendidikan itu dapat dicapai.
Dalam proses pendidikan terdapat tiga bidang penting yaitu administrasi dan supervisi, pembelajaran bidang studi, dan juga bimbingan dan konseling. Jika dalam proses pendidikan hanya ada bidang administrasi dan supervisi serta pembelajaran bidang studi saja maka hanya akan menghasilkan siswa yang hanya cakap dalam bidang akademik serta siswa yang mempunyai cita-cita tinggi saja. Namun siswa tersebut tidak memiliki kemampuan dalam memahami kemampuan potensi diri yang dimilikinya, tak sanggup mewujudkan dirinya dalam masyarakat. tidak heran jika siswa tersebut akan merasa kesulitan dan mengalami kegagalan di masyarakat, meskipun mereka mempunyai nilai-nilai yang baik di rapor.
Dari sinilah terasa benar jika bimbingan dan konseling itu amat sangat diperlukan dalam proses pendidikan, yang akan memusatkan diri dalam membantu siswa secara pribadi agar mereka berhasil dalam proses pendidikannya. Dengan melalui program bimbingan dan konsleing, maka setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan setiap kecakkapan dan kemampunnya semaksimal mungkin.

0 komentar:

Posting Komentar